Minggu, 30 Mei 2010

Rekor termuda pendaki Everest

Jordan Romero, bocah berusia 13 tahun sukses mencapai puncak Gunung Everest, Sabtu (23/5/2010) lalu dan ditetapkan sebagai manusia orang termuda yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest. Bocah asal Big Bear, California ini sukses mendaki Gunung setinggi 8.850 meter atau 29.035 kaki ini bersama ayahnya dan satu tim pendaki, paramedis dan pemandu. Dia berangkat ke puncak dari wilayah China. Jordan mendaftarkan diri bulan April lalu.


"Setiap kakiku melangkah, makin dekat dengan tujuan terbesar dalam hidupku -- berdiri di puncak dunia," kata Jordan dalam blognya.

Jordan Romero, asal California, menelepon ibunya dari puncak gunung tertinggi di dunia itu untuk memberi kabar tentang keberhasilannya.

"Bu, aku meneleponmu dari puncak tertinggi di dunia," kata Leigh Anne Drake, sang ibu, mengutip perkataan putranya melalui sambungan telepon, Minggu (23/5).

Ia juga mengatakan ingin mengambil secuil batu dari puncak tertinggi di dunia untuk dijadikan kenang-kenangan. Rencananya, batu tersebut akan dibuat kalung olehnya.

Pendakian ini juga mendekatkan Romero untuk menggapai cita-citanya mendaki seluruh gunung tertinggi di seluruh dunia. Sebelumnya, Romero juga telah mendaki enam puncak gunung di tujuh benua. Ia pernah mendaki Gunung Kilimanjaro di Afrika saat berusia 10 tahun. Ia bahkan sudah mendaki Gungung Kosciuszko di Australia. Kini untuk melengkapinya, ia hanya mesti mendaki Vinson Massif di Antartika.

Sebelumnya, rekor penakluk Everest termuda dipegang oleh Temba Tsheri, remaja berusia 16 tahun asal Nepal. Lebih dari 4 ribu pendaki berhasil menaklukan puncak Everest sejak gunung itu didaki untuk pertama kalinya oleh seorang pria asal New Zealand Sir Edmund Hillary dan seorang berkewarganegaraan Nepal Tenzing Norgay Sherpa tahun 1953 silam.
wow...