Sabtu, 06 Maret 2010

Serangan ke Google Terkait Sekolah di China

Serangan terhadap raksasa mesin pencari Google dan sejumlah perusahaan Amerika Serikat (AS) baru-baru ini, dikaitkan dengan keberadaan sebuah sekolah dan universitas diChina.
Surat kabar New York Times memberitakan, sekolah dan universitas yang dimaksud memiliki hubungan erat dengan militer China. Sebuah sumber juga mengungkapkan bahwa serangan cyber tersebut telah dimulai beberapa bulan lebih awal sebelum terungkap, kemungkinan April tahun lalu.

Sedangkan Business Week memberitakan, peretas (hacker) yang sama juga membobol sistem perusahaan-perusahaan AS satu setengah tahun lalu.
Sebelumnya, setelah dilacak, serangan-serangan tersebut mengarah ke server di Taiwan, tetapi tidak ada titik terang.

Seperti dikutip dari laman TG Daily, Universitas Jiaotong di Shanghai memiliki jurusan ilmu komputer, salah satu yang terbaik diChina. Sedangkan Sekolah Lanxiang Vocational melatih para ilmuwan komputer untuk terjun ke militer.
Dua institusi tersebut menyangkal tuduhan itu. Harian The Guardian mengutip pernyataan dari seorang staf sekolah.
“Siswa-siswa kami adalah anak-anak sekolah menengah, dan kami melatih mereka menggunakan software seperti Photoshop. Kalau murid-murid kami begitu terlatinya sampai bisa meretas Google, lalu buat apa mereka sekolah di sini,” kata staf tersebut.
Serangan itu juga bertujuan untuk mencuri rahasia-rahasia dagang dan informasi mengenai aktivis hak asasi manusia. Spekulasi lain yang berkembang adalah bahwa serangan-serangan tersebut merupakan bentuk latihan dalam spionase industri, atau bahwa serangan cyber itu dilakukan dari negara lain.