Selasa, 23 Maret 2010

Konstitusi Di Dunia


1. Konstitusi Negara Republik Indonesia
Konsepsi konstitusi negara Republik Indonesia bersumber pada Undang Undang Dasar 1945. Dalam pengertian luas, konstitusi negara Indonesia berdasarkan pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945, Batang tubuh, serta penjelasannya lebih lanjut dijabarkan dalam GBHN.
• Mekanisme konstitusional demokrasi pancasila menganut pada Faham konstitusionalisme
• Lembaga lembaga negara terdiri dari MPR (Pasal 2 – 3 ), Presiden (Pasal 4 – 16 ), DPR (19 – 22 b), BPK (23 E dan 23 F ) dan MA (24 A).



2. Konstitusi Pada Negara Liberal
Konsepsi pemikiran Liberal (Liberalisme) di negara negara barat (eropa) muncul sebagai anti Klimaks dari penguasa monarki absolut dalam arti luas liberalisme adalah usaha perjuangan menuju kebebasan. Liberalisme politik dan rohaniah berdasar pada keyakinan bahwa semua sumber kemajuan terletak pada perkembangan kepribadian manusia yang bebas, dimana masyarakat dapat menarik keuntungan sepenuhnya.
• Mekanisme konstitusional demokrasi parlementer
a. Kekuasaan legislatif (DPR / Parlemen) lebih kuat dari kekusaan eksekutif (pemerintah = Perdana Mentri)
b. Mentri mentri kabinet harus mempertanggungjawabkan semua tindakannya kepada DPR
c. Program program kebijakan kabinet harus disesuaikan dengan tujuan politik sebagian besar anggota parlemen.
d. Kedudukan kepala negara, Raja, ratu, pangeran atau kaisar hanya sebagai lambang atau simbol yang tidak dapat diganggu gugat.
• Lembaga lembaga kenegaraan
a. Terdiri dari : Badan eksekutif diantaranya ratu atau raja yang tidak dapat diganggu gugat, dan kekuasaan sesungguh sungguhnya ada pada Perdana mentri.
b. Badan Parlemen (Legislatif)
Tugas pokok / Perannya
- Menilai secara kontinu rekan rekan separtai yang duduk dikabinet
- Mempersiapkan bidang legislasi atas dasar kebijakan mentri
- Mengawasi pelaksanaan Undang undang

3. Konstitusi Pada Negara Komunis
Komunis tidak hanya merupakan sistem politik yang menjadi dasar bagi konstitusi seperti yang ada di RRC. Sistem politik ini mencerminkan suatu gaya hidup yang berdasarkan nilai nilai tertentu
- Gagasan Monoisme
- Kekerasan di pandang sebagai alat yang sah guna mencapai komunisme jadi belum sah bila belum terjadinya kekerasan.
- Negara merupakan alat yang digunakan untuk mencapai komunisme
• Mekanisme konstitusional demokrasi rakyat (Alat Komunis) yang mempunyai arti bentuk khusus demokrasi yang memenuhi fungsi diktatur proletar pembuat keputusan berasal dari komite komite partai yang mengambil keputusan dalam sidang tertutup tidak ada proses legislatif secara terbuka dan relatif sedikit undang undang publik yang diumumkan keputusan keputusan berupa pernyataan umum tentang kebijakan atau doktrin.
• Lembaga lembaga kenegaraan
- ketua PKC dan Sekjen PKC
- konggres rakyat Cina disebut organ wewenang negara tertinggi dan pemegang wewenang legislatif satu satunya.
- Mahkamah rakyat tertinggi dan kejaksaan rakyat tertinggi dan kejaksaan rakyat tertinggi merupakan bagian terlahir kerangka kerja pemerintah pusat yang terdiri dari kejaksaan kekuasaan yudikatif pengadilan Rakyat.