Jumat, 05 Maret 2010

Kelemahan Atau Cacat Pada Windows 7


Kelemahan Atau Cacat Pada Windows 7

Ini mungkin tamparan bagi Microsoft. Sehari setelah mengumumkan Windows 7-nya sebagai bebas resiko dalam bulletin sekuriti bulanan Microsoft, sebuah bug Windows 7 (zero day exploit) langsung ditemukan.

Adalah Laurent Gaffie yang menemukan bug terbaru itu. Detailnya telah dipaparkan di mailing list Full Disclosure. Saat ini Microsoft sedang menyelidiki cacat yang dilaporkan itu, yang pada dasarnya membuat sistem Windows 7 yang tereksploitasi akan crash.

Crash ini diakibatkan oleh cacat dalam protokol Server Message Block (SMB) yang membentuk tulang punggung dari Windows file sharing. Ketika dipicu, cacat akan menyebabkan loop tanpa henti yang membuat komputer tidak bisa dipakai.

Kelemahan ini terdeteksi pada Windows 7 dan Windows Server 2008 R2. Namun sejauh ini belum ada laporan tentang serangan terhadap kelemahan tersebut. Kelemahan ini juga tidak menimbulkan remote access yang tidak legal yang dapat menyebabkan informasi penting dicuri atau kegiatan jahat lain dilakukan.

Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah memblokir port TCP 135 sampai 139 dan port 445, yang akan menghentikan trafik SMB dari jaringan. (tekno.kompas.com)